Info Kesehatan Kandungan

Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda

Advertisements

Ada banyak ciri-ciri wanita hamil muda yang dapat diketahui pada minggu-minggu awal kehamilan. Pertanda kehamilan ini dapat muncul sebagai perubahan pada fisik maupun non fisik (tingkah laku atau secara psikis). Atau bisa juga dibedakan berdasarkan gejala medis dan non medis. Gejala medis adalah dengan mengecek perubahan hormon yang terjadi, yang bisa dilakukan dengan menggunakan test pack atau tes pek kehamilan. Tingkat akurasi alat ini cukup tinggi, mencapai 99,9%. Pengecekan secara medis juga bisa dilakukan dengan USG mulai sekitar minggu ke-4 dan 5. Jika dengan test pack hanya mengecek apakah terjadi pembuahan, dengan USG dapat diketahui apakah pembuahan tersebut dapat berkembang menjadi embrio.

Pada ciri-ciri non medis, gejala kehamilan dikenali tanpa harus pergi ke dokter atau dengan alat USG dan test pack. Ciri-ciri non medis ini adalah dengan melihat berbagai perubahan yang terjadi pada fisik maupun psikis. Mengenali ciri-ciri hamil muda secara non medis tingkat keakuratannya tergantung dengan seberapa banyak gejala kehamilan yang ditemukan. Akan cukup akurat apabila Anda menemukan banyak gejalanya.

Mengenali Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda Secara Fisik

Tak bisa dipungkiri bahwa kehamilan adalah masa yang sangat dinantikan oleh para pasangan suami istri. Apalagi bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Sering kali muncul rasa penasaran apakah hamil atau tidak setelah berhubungan dengan pasangan. Meskipun saat berhubungan dilakukan pada puncak masa subur, kehamilan tidaklah selalu terjadi. Lalu apa saja ciri-ciri kehamilan tersebut?

Wanita hamil menunjukkan perubahan fisik sejak masa awal terjadinya kehamilan. Perubahan fisik ini terjadi secara perlahan-lahan. Untuk mengenali ciri-ciri wanita hamil muda secara fisik membutuhkan kejelian karena pada tahap ini beberapa perubahannya masih sedikit atau samar. Kita akan mulai dari yang paling jelas dan nampak paling awal, yaitu kram perut. Kram ini adalah kram biasa, pada kehamilan normal kram ini tidak akan terlalu menyakitkan. Hal ini terjadi karena mulai terjadinya perubahan hormonal dan adanya implantasi.

Munculnya rasa mual dan kadang disertai muntah merupakan ciri-ciri kehamilan berikutnya. Rasa mual dan muntah ini hampir selalu muncul pada setiap wanita yang hamil. Muncul sejak awal kehamilan hingga akhir trimester pertama dan kadang-kadang pada beberapa wanita tetap terjadi hingga akhir kehamilan. Rasa mual dan muntah ini termasuk tanda hamil muda yang mudah dikenali dan terjadi sejak awal-awal, kadang hanya beberapa hari atau minggu-minggu awal sejak berhubungan. (Baca: Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami)

Ciri-ciri hamil muda berikutnya adalah perubahan pada payudara. Perubahan ini mulai terjadi sejak awal kehamilan namun perubahannya pelan-pelan sehingga harus jeli memperhatikannya. Payudara akan menjadi lebih sensitif dibanding biasanya. Ukurannya juga perlahan-lahan mulai bertambah besar. Perubahan hormon berperan pada perubahan ini untuk menyiapkan proses menyusui, meskipun masih akan terjadi dalam waktu lama. Perubahan secara fisik ini tidak terjadi hanya pada payudara saja, secara keseluruhan tubuh akan semakin membesar, namun yang paling awal terjadi adalah bagian payudara.

Tidak datangnya haid biasanya menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling sering dijadikan patokan. Hal ini memang benar adanya, wanita yang hamil tidak akan haid, namun jangan sampai terbalik, wanita yang telat haid belum tentu hamil. Meskipun tidak haid, namun terkadang akan tetap muncul flek atau darah dalam jumlah sedikit. Darah ini terjadi karena adanya implantasi sel telur yang dibuahi ke dinding rahim. Flek ini terjadi sekitar 6 hingga 12 hari setelah berhubungan, jadi kadang lebih cepat dari jadwal haid Anda. Flek ini juga tidak selalu muncul pada tiap kehamilan karena kadang pendarahannya terlalu sedikit.

Ciri-ciri orang hamil berikutnya adalah adanya perubahan pada organ intim. Perubahan yang dimaksud adalah terjadinya perubahan warna, yang menjadi lebih merah ataupun lebih ungu dari biasanya, yang terjadi karena lebih banyak darah yang dipompa ke area tersebut. Kemudian juga akan muncul bercak-bercak berwarna putih, seperti susu. Bercak-bercak ini bukanlah keputihan, namun terjadi karena adanya penebalan pada bagian organ tersebut. Kedua perubahan ini muncul segera setelah terjadinya pembuahan sehingga dapat dijadikan untuk mengenali terjadinya kehamilan sejak awal.

Beberapa ciri orang hamil lainnya secara fisik adalah menjadi lebih mudah lelah dan sering merasa mengantuk meskipun Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang prima. Adalah wajar bila pada masa awal kehamilan ini Anda lebih banyak beristirahat. Indera pencium juga akan menjadi lebih tajam, dengan sedikit saja bau tidak sedap Anda akan merasa sangat terganggu. Kulit juga akan mengalami perubahan, menjadi lebih sensitif. Frekuensi buang air kecil juga akan meningkat, namun hal ini hanya akan terjadi mulai sekitar minggu ke-6 kehamilan.

Ciri-Ciri Hamil Muda Secara Psikis

Di atas telah disebut apa saja ciri-ciri wanita hamil secara fisik, sekarang kita akan membahas ciri-ciri secara psikis atau perubahan sikap dan tingkah laku wanita pada awal kehamilan. Mengamati gejala secara psikis tidak selalu dapat dilakukan sendiri, mintalah pasangan Anda untuk juga berpartisipasi karena akan lebih mudah untuk orang lain menilai perubahan tingkah laku Anda.

Ciri yang pertama adalah wanita hamil kadang akan memiliki kecenderungan suka pada rasa makanan tertentu, ada yang suka manis, ada pula yang lebih suka rasa asin atau gurih. Beberapa akan lebih suka pada makanan tertentu. Hal ini lebih sering kita sebut dengan ngidam atau nyidam. Ngidam ini tidak terjadi pada setiap kehamilan. Ada hal yang menarik tentang ini, banyak orang yang beranggapan bahwa rasa makanan tertentu yang lebih Anda sukai atau dingidamkan dapat menjadi petunjuk jenis kelamin bayi yang dikandung, meskipun hal ini tidak dapat dibuktikan secara medis dan merupakan kepercayaan turun temurun.

Ciri-ciri wanita hamil muda berikutnya adalah munculnya gejolak pada perasaan. Mood sering naik turun, dari yang sebelumnya merasakan bahagia, tiba-tiba saja berubah menjadi sedih, dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi sejak awal masa kehamilan, dan merupakan hal yang lumrah terjadi. Lagi-lagi hormon menjadi penyebab dari hal ini, selain itu fisik yang terasa lelah pada masa awal kehamilan juga ikut memicu terjadinya perubahan mood yang tiba-tiba ini. Jika Anda tidak menginginkan kehamilan atau ingin menggugurkan kandungannya silahkan Anda cari situs jual obat aborsi secara online terpercaya.

Demikianlah artikel ini tentang hal apa saja yang merupakan ciri-ciri wanita hamil muda. Hal-hal yang disebutkan disini tidaklah selalu terjadi semuanya, namun jika Anda menemukan banyak dari hal-hal ini terjadi pada diri Anda, bisa jadi Anda sedang hamil. Untuk benar-benar memastikan kehamilan mungkin Anda bisa mencoba menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek-apotek. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Advertisements

Advertisements